Search This Blog

Powered by Blogger
  • October 202516
  • September 202519
  • August 202524
  • July 202517
  • June 202512
  • May 20253
  • April 20255
  • March 202529
  • February 20259
  • January 202514
  • December 202412
  • November 202411
  • October 202415
  • September 202415
  • August 20249
  • July 202410
  • June 202410
  • May 202415
  • April 20248
  • March 202428
  • February 202479
  • January 202475
  • December 202355
  • November 202365
  • October 2023179

Report Abuse

  • Geger Nelayan Diduga Ditelan Hantu Laut Jatuh Dari KM Tanthia Sudihira Jati ll, Partai Buruh Kota Medan Angkat Bicara

    Geger Nelayan Diduga Ditelan Hantu Laut Jatuh Dari KM Tanthia Sudihira Jati ll, Partai Buruh Kota Medan Angkat Bicara

  • MAPN 4 Medan Persembahkan Medali untuk Sumatera Utara dalam FORNAS VIII 2025 di NTB

    MAPN 4 Medan Persembahkan Medali untuk Sumatera Utara dalam FORNAS VIII 2025 di NTB

  • Safari Dakwah Da’i Nasional di MAPN 4 Medan: Menyulut Semangat Qur’ani Generasi Muda

    Safari Dakwah Da’i Nasional di MAPN 4 Medan: Menyulut Semangat Qur’ani Generasi Muda

BREAKING NEWS
METRO NETWORK ID

METRO NETWORK ID

  • EKONOMI
  • BERITA TERKINI
  • DAERAH
  • GLOBAL
  • HEADLINE
  • INTERNASIONAL
  • JABODETABEK
  • KOLOM
  • KRIMINAL
  • MEGAPOLITAN
ZTV News
  • ZTV
  • ZTV ACEH
  • METRO NETWORK
  • NAVIGASI METRO
  • SATU PIKIRAN
  • PERINTAH RAKYAT
  • Opini
  • News
  • Nasional
  • Kriminal
  • Global
  • Ekonomi
  • Daerah
  • Berita Terkini
  • Home
  • Ekonomi
  • Pendidikan

Strategi Pemasaran Digital di Era Disrupsi: Memadukan Teori Komunikasi dan Creative Thinking

Efthariena Ishak
February 18, 2024

 Oleh : Herry Effendi, Mahasiswa Universitas Siber Asia


Di era yang dipenuhi dengan perubahan cepat dan disrupsi teknologi, strategi pemasaran digital menjadi landasan yang vital bagi kesuksesan bisnis. Namun, untuk berhasil dalam lingkungan yang penuh tantangan ini, perusahaan harus tidak hanya mengandalkan teknologi, tetapi juga memahami prinsip-prinsip komunikasi yang efektif dan mengadopsi pemikiran kreatif yang inovatif.

Menurut ahli komunikasi, Harold Lasswell, model komunikasi dasar terdiri dari lima elemen: siapa (pengirim), apa (pesan), melalui saluran apa (media), kepada siapa (penerima), dan dengan efek apa (dampak). Dalam konteks pemasaran digital, pemahaman yang mendalam tentang audiens (penerima) menjadi kunci. Data analisis yang cermat dapat membantu dalam mengidentifikasi preferensi, perilaku, dan kebutuhan target pasar, sehingga pesan yang disampaikan dapat lebih tepat sasaran.

Namun, dalam menghadapi disrupsi teknologi yang terus berubah, perusahaan juga harus menggabungkan elemen creative thinking ke dalam strategi pemasaran mereka. Creative thinking membuka peluang untuk menghasilkan ide-ide yang inovatif dan memikat, memungkinkan perusahaan untuk membedakan diri dari pesaing dan menarik perhatian konsumen. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah desain berpikir (design thinking), di mana tim pemasaran bekerja sama untuk memahami secara mendalam kebutuhan dan keinginan pelanggan, dan kemudian mengembangkan solusi yang memenuhi kebutuhan tersebut dengan cara yang unik dan menarik.

Salah satu contoh sukses dari penggabungan teori komunikasi dan creative thinking dalam strategi pemasaran digital adalah kampanye viral. Kampanye ini biasanya menyampaikan pesan yang kuat dan menggugah emosi, memanfaatkan kekuatan storytelling dan konten yang kreatif untuk menarik perhatian audiens secara luas. Dengan memahami psikologi manusia dan menggunakan teknik-teknik persuasif, kampanye semacam itu mampu membangun hubungan emosional antara merek dan konsumen, yang pada gilirannya dapat meningkatkan loyalitas merek dan penjualan.

Dengan demikian, strategi pemasaran digital yang efektif di era disrupsi tidak hanya bergantung pada teknologi atau data, tetapi juga mengintegrasikan pemahaman yang mendalam tentang komunikasi dan penerapan creative thinking. Perusahaan yang mampu menggabungkan kedua elemen ini dengan baik akan memiliki keunggulan kompetitif yang signifikan dalam menghadapi tantangan dan peluang di pasar yang terus berubah.

Also Read
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
Related News
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
Recommended
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
Latest News
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
  • Skeleton Image
Show more
Post a Comment
Cancel
Gambar
Terpopuler
  • Perdana! Launching Bantuan BBM Bersubsidi Khusus Untuk Nelayan Disaksikan Ketua DPP ANSI, Pertamina Dan Diskanla

  • Executive Director 1 Pelindo Regional 1 Hadiri Grand Launching Program Keberlanjutan “Tumbuh Bersama”.

  • Pelindo Regional 1, Inisiasi Program Difabel untuk Semakin Berdaya

  • Pelindo Regional 1 Bawa Harapan Baru bagi Nelayan Batu Bara

  • Pelindo Regional 1 Gelar Program “Pelindo Mengajar” di SMK Swasta Hang Tuah Belawan

  • Dua Tersangka Peredaran Narkotika Diringkus di Titi Papan

  • PIP Pelindo Regional 1 Ikuti Peringatan HUT ke-4 Secara Serentak, Wujudkan Keluarga Sehat dan Bahagia

  • Pelindo Regional 1 Gelar Sharing Session Bersama Direktur Teknik PT Pelabuhan Indonesia (Persero)

  • Aura Farming Tren Fashion Baru yang Nggak Cuma Soal Outfit

  • Milka, Perempuan Muda Pengedar Shabu Diciduk Sat Narkoba Polres Pelabuhan Belawan

Tag Terpopuler
  • Berita Terkini
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Global
  • Headline
  • Internasional
  • Jabodetabek
  • jabotabek
  • Kolom
  • Kriminal
  • lingkungan
  • Megapolitan
  • Metro
  • Nasional
  • Network
  • News
  • Opini
  • Pendidikan
  • Pilihan Editor
  • Pilihan Rakyat
  • Politik
  • Regional
  • Sorotan
  • Sport
  • Tentara Nasional Indonesia
  • TNI
  • Tv
ZTV NETWORK
  • Brand Logo
  • Brand Logo
  • Brand Logo
  • Brand Logo
  • Brand Logo
Ikuti Kami
  • Redaksi
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Pedoman Media Siber
© METRO NETWORK ID - SINCE 2021